Perawatan Untuk Injeksi

sistem injeksi

Pada saat anda berniat servis rutin mesin injeksi, sebaiknya anda memfokuskan bagian pasokan bahan bakar dan udara. Ini bisa anda lakukan sekitar 5000 km sekali. Komponen utama terdiri dari filter bensin, filter udara, pompa bahan bakar, skep injeksi, dan juga injector. Yang menjadi bagian penentu dari kelangsungan hidup sebuah injeksi.

Untuk perawatan yang pertama di mulai dari filter bensin. Kita tentu tidak mengetahui apakah kondisi di dalam tanki bahan bakar itu kotor atau tidak. Maka untuk itu, selalu bersihkan filter bensin dengan bantuan kompresor atau angin yang bertekanan tinggi. Lalu ke bagian skep injeksi atau throttle body yang juga sangat rentan kotor. Jika sudah kotor, tarikan bisa menjadi kurang responsiv. Bahkan jika kotoran sudah sangat menumpuk di Throttle position sensor (TPS), bisa mengakibatkan putaran mesin menjadi pincang saat stasioner.

Kebersihan TB, tergantung pada perawatan yang anda lakukan pada filter udara, karena sumber kotoran bisa berasal dari udara yang terhisap ke ruang baker. sehingga anda harus selalu membersihkan TB dengan bantuan cairan semprot yang bisa anda dapatkan di toko-toko onderdil.

Nosel injketor juga harus anda bersihkan. Dengan maksud, agar arah dan bentuk semprotannya ideal. Karena kualitas bensin yang rendah, bisa mengakibatkan lubang nosel yang berukuran kecil tersumbat kotoran atau kerak. Sehingga semprotan bensin menjadi kacau dan debitnya berkurang. Sehingga berakibat putaran mesin menjadi pincang dan tarikan menjadi mberebet. Namun, anda tidak usah membongkar nosel injektor, anda cukup mencampurkan larutan kimia pembersih ke dalam tanki bensin. Bensin dan larutan ini akan bersenyawa dan mengalir ke nosel untuk bisa mengikis kotoran.

Dan jangan lupa untuk melakukan proses penyetelan CO (karbon monoksida) sebagai penutup rangkaian perawatan ringan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s